Home

Banyak cara menikmati liburan di akhir pekan, salah satunya berwisata religi. Apalagi jika kamu berada di Ibukota Provinsi Riau, yakni Pekanbaru.

JpegBisa jadi banyak yang belum mengetahui bila di Pekanbaru terdapat sebuah surau tertua, yaitu Surau Ar Irhaash yang terletak di Jalan Senapelan, Pekanbaru Kota.

Dibangun pada tahun 1925 sebagai markas pejuang fisabilillah semasa peperangan, merupakan sumbangan dari warga sekitar.

Meski telah mengalami sejumlah renovasi pada tahun 2005 dan 2007 untuk pembangunan kamar mandi dan tempat wudhu, namun surau yang menjadi saksi sejarah perjuangan di Bumi Melayu ini masih mempertahankan bentuk bangunan dan ukiran yang ada seperti sebelumnya.

Terletak di salah satu pusat kota di Pekanbaru, surau ini sangat mudah dikenali dengan ciri khas warna hijau kekuningan. Apalagi terdapat pepohonan yang menambah kesan sejuk.

Selain itu, di hari-hari tertentu juga disediak makanan dan minuman gratis bagi para jamaah.

JpegNamun sayangnya kondisi surau kini tidak begitu terawat dengan baik. Terlihat dari sejumlah bagian yang keropos. namun yang paling dirasakan yakni kondisi toilet yang terlihat kotor.

Terlepas dari itu, tak salah tentunya untuk bernostalgia akan sejarah jejak penyebaran Islam dan sejarah melayu. Tentunya disertai mendirikan sholat berjamaah di surau ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s