Home

Adik saya selalu ketakutan ketika melihat lilin, bahkan ia bias muntah ketika melihatnya menyala.

Saya tak tahu mengapa,hingga suatu hari ia bercerita yang menghubungkan kekaguman kepada bapak.

Lilin bagiadik saya punya cerita,cerita tentang perjuangan bapak melawankesakitan.cerita tentang bapak yang memakan lilin untuk menahan rasa sakitnya.

Tak disangka, peristiwa itu menjadi trauma tersendiri bagi adik saya. Bahkan kini, hingga dia dudukdi bangku kelas 8 SMP.

Bapak memang sosok yang tidak sempurna. Namun ada hal luar biasa yang patut dipelajari darinya, yaitu semangat untuk hidup.

Di usia senjanya,bapak penuh dengan penyakit. Ia telah terkena stroke sejak saya dudukdi kelas 6 SD, tepatnya pada tahun 2002.

Bapak didiagnosa mengidap penyakit jantung dan kerusakan paru, plus permasalahan gula darah. Bahkan diduga mengidapkanker kelenjar getahbening dengan terdapatnya sejumlah benjolan di beberapa bagian tubuhnya.

Tak heran memang,bapak mempunyai gaya hidupyang tak sehat. Namun saya tak ingat ia sering mengeluh tentang persoalan itu.

Kejang, terjatuh, pingsan hingga tak sadarkan diri seakan sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Tak pernah ada alasan sakit yang membuat dirinya tak beraktifitas, rumah selalu bersih dan rapi. Memang sejak mengalamistroke,bapak tak lagi bekerja.

Sehingga ibulah yang memenuhi kebutuhan hidup kamisehari-harinya. Mungkin itu juga yang membuat semangat bapakmeningkat. Ia tak ingin semakin membebani istrinya.

Namun akhirnya bapak menyerahjuga. Bapak dipanggil sang pencipta pada 28 Januari 2008.

Bapak menyerah pada kuasa tuhan,bukan pada dirinya sendiri. Bandingkan dengan saya yang sekarang sering mengeluh tentang kehidupan.

Bahkan sering menyerah pada keadaan. Padahal saya memiliki tubuhyang luar biasa sehatnya. Saya tak ingin dipanggil dalam keadaan menyerah pada diri sendiri.

Saya hanya ingin menyerah seperti bapak. Menyerah karena dipanggil Sang Maha Penguasa, allah SWT.

Selasa, 24 Februari 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s