Home

Siang itu sejumlah warga memadati sebuah ruang kelas sebuah sekolah Islam.  Ada yang duduk di belakang meja, ada yang duduk tanpa disertai meja, bahkan sebagian lagi hanya berdiri di dekat pintu masuk.

Saat itu sedang dilaksanakan pemilihan ketua RT untuk RT 04 RW 10 Kelurahan Labuhbaru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

Ada tiga orang peserta yakni Arfita Firdaus, H Yurnalis Rhoma dan Adi Suardi sebagai ketua RT incumbent.

Meski hanya lingkup rukun tetangga (RT) namun antusias warga sangatlah besar. Menurut panitia, ada 62 pemilih yang hadir dari 65 undangan yang disebarkan. Berarti 95 persen lebih warga yang telah mencukupi usia memilih menggunakan hak suaranya.

Waktu menunjukkan jelang 12 siang. Pemilihan suara telah ditutup dan panitia akan menghitung suara yang berhasil dikumpulkan. Sejumlah warga mulai merasa tak sabar, apalagi bagi tiga peserta yang duduk di sudut ruangan.

Sejak surat suara pertama diumumkan, susul menyusul suara sangatlah ketat terbukti hingga surat suara terakhir dibuka, selisih suara antara peserta hanya dua suara. Arfita Firdaus 20 suara, H Yurnalis Rhoma 22 suara dan Adi Suardi 20 suara. Otomatis peserta nomor dua H Yurnalis Rhoma memenangkan pemilihan ketua RT 04 dan akan memimpin untuk lima tahun ke depan.

Pasca kemenangannya suasana tetap hangat, tak ada protes dari peserta lain. Apalagi kericuhan. Meski tidak memenangkan pemilihan, mereka saling meyalami dan menyatakan dukungan pada pemenang.

Sebuah semangat yang sangat jarang ditemui ketika pemilihan anggota DPD maupun DPRD, apalagi Pemilihan kepala negara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s