Home

JpegSetelah bingung mencari judul yang menarik, akhirnya saya putuskan menggunakan judul ini.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menyampaikan materi tentang ‘Jurnalistik’ di sebuah pesantren di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Tepatnya saya mengajarkan tentang menulis berita, fotografi jurnalistik dan lay out media.

Alhamdulillah saya memiliki kapasitas itu dikarenakan saya merupakan lulusan Ilmu Komunikasi dengan keahlian Jurnalistik. Apalagi saya juga merupakan seorang wartawan. Ya, tepatnya reporter radio.

Belajar jurnalistik sebenarnya tidaklah sulit yang penting mau berlatih. Sesederhana itu saja.

Sebenarnya tanpa disadari banyak orang yang telah melakukan kegiatan jurnalistik  dalam kehidupan sehari-harinya.

Banyak orang yang membuat status atau mengabadikan momen melalui foto tentang peristiwa yang baru dilihat atau dialaminya, yang kemudian diunggah kepada publik. Nah bedanya dengan jurnalistik dimuat melalui media massa.

Sebagaimana pengertian jurnalistik yakni mencari, mengumpulkan, dan mengolah data baik tulisan, gambar, audio, audio-video yang disampaikan ke media massa.

Semakin berkembangnya teknologi kita siapapun bisa mengakses informasi melalui internet. Cukup ketik dan klik, berbagai informasi bisa didapat.

Salah satu media yang bisa menjadi wadah belajar jurnalistik adalah blog. Seperti yang saya lakukan saat ini.

Jadi, mari nge-blog!

by : @Panjiwibowo22

Leave a Reply

