Home

Tontonan memang bisa memberi pengaruh, setidaknya untuk saya.

Sejak menyaksikan serial televisi Jepang atau lebih dikenal dengan istilah Dorama yang berjudul “Love in Tokyo” yang ditayangkan salah satu televisi nasional, saya mulai tertarik untuk belajar bahasa Jepang.

Karena harga kamus yang mahal, jadinya harus lebih kreatif. Untungnya sekarang sudah era digital, jadinya belajar via internet.

Nah, setelah cari sana-sini, akhirnya ketemu situs belajar bahasa Jepang di NHK Indonesia. Saya bisa tahu karena pernah mendengar Radio NHK yang di siarkan radio lokal di tempat saya tinggal dahulu.

Di situ disediakan khusus fitur belajar bahasa Jepang yang bisa di unduh dalam versi gambar, tulisan dan audio.

Hampir dua puluh episode saya unduh, sayangnya ternyata meski sudah dipelajari berulang tetap susah saya hafal. Mungkin karena faktor usia…hehehe

Meski tidak mudah, karena pengucapan dan aksen yang berbeda dari bahasa Indonesia, Alhamdulillah ada yang kecantol juga.

“Watashiwa Panji desu” yang artinya nama saya Panji. (Bener ga ya, tulisannya?)…hehe

Leave a Reply

