Home

image

Mendonorkan darah banyak manfaatnya. Selain bisa meregenerasi darah yang ada di tubuh sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung, ya sekalian juga dapat periksa kesehatan gratis. 
Misalnya kadar tekanan darah, kadar hemoglobin, berat dan tinggi badan. Terus bisa mengecek golongan darah yang kita punya.
Selain itu darah yang kita donorkan dapat membantu nyawa pasien yang membutuhkan darah. Makanya ada slogan “Setetes Darah Kita, Nyawa Bagi Mereka”.
Tapi yang didonorkan bukan cuma setetes ya, biasanya sekitar 350 ml atau 450 ml, tergantung stok kantong darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI).  Kalau saya selalu yang 350 ml. 
Terakhir saya donor darah yakni akhir Februari 2016 di PMI Kota Pekanbaru, Jalan Diponegoro, dan itu sudah yang ke 15 kali. Waw.
Biasanya waktu donor paling cepat ialah dua setengah bulan setelah donor terakhir.
Nah untuk yang mau donor darah juga ada syaratnya. Beberapa diantaranya umur minimal 17 tahun dan berat badan minimal 45 kg. Kalau untuk syarat lainnya, langsung saja datang ke PMI yang ada di tempat kalian tinggal atau PMI mobile yang ada di acara-acara tertentu.
Untuk sekilas info,  setelah mendonorkan darah, pendonor akan mendapatkan kartu donor. Nah, yang paling saya suka, nanti bakalan dapat  satu wafer, satu minuman dan satu kapsul penambah darah. Bahkan saya pernah dapat beras satu kantong. Ya, itu tergantung PMI nya kerjasama dengan pihak mana.
Tapi ingat, donor darahnya jangan karena hadiah, tapi karna perawatnya….eh…

Advertisements

4 thoughts on “Asiknya Donor Darah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s